Yanuar Aldi Allesandro (saya) adalah seorang mahasiswa yang gemar untuk melakukan eksplor terhadap hal-hal baru yang menarik bagi dia. Saat ini Saya sedang menjalani kuliah di Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran program studi Manajemen Produksi Media. Sepanjang kuliah saya masih mendalami tentang minat dan passion saya ditunjang dengan mengikuti kegiatan dan organisasi di luar perkuliahan yang membantu saya mengeksplor diri saya.
Dalam merancang dan membuat sebuah
karya, seorang Yanuar Aldi Allesandro menggunakan landasan “Ikigai” yang
memperhatikan keseimbangan antara passion, profession, vocation,
dan mission. Ikigai sendiri merupakan istilah yang diambil dari bahasa
Jepang yang mendeskripsikan tentang makna atau nilai kehidupan, serta menjadi
sebuah prinsip yang membuat hidup kita menjadi lebih bermanfaat, seimbang, dan
bermakna.
Salah satu passion saya jika
dilihat melalui Ikigai adalah menulis. Saya memiliki kegemaran menulis terutama
menulis sebuah konten. Sejak Sekolah Dasar saya telah memiliki minat untuk
mempelajari dunia blogging terutama dalam content writing dan search
engine optimizing. Selain dalam menulis, saya juga memiliki minat dalam hal
musik, public speaking, event organizing, dan hal-hal yang
berkaitan tentang produksi media seperti desain visual.
Melalui blog pribadi saya, saya
pernah beberapa kali menjuarai kontes SEO (Search Engine Optimized) dan
menghasilkan uang dari adsense blog. Dalam dunia desain visual, skill yang saya
miliki digunakan dalam kebutuhan-kebutuhan desain organisasi dan beberapa event
yang pernah saya ikuti. Dengan skill public speaking, saya dapat
mengembangkan diri menjadi seorang master of ceremony di beberapa
kesempatan. Serta minat saya dalam event organizing menunjang saya dalam
berorganisasi, serta membuat saya berkarya di beberapa event organizer
seperti @sinergi_production dan @arsacita.management.
Dari beberapa minat saya tersebut, saya akan memfokuskan diri saya dalam membuat karya tulisan di blog pribadi saya yaitu “Blog Mas Aldi” untuk merancang sebuah creative brief. Karya-karya saya terkhususnya dalam tulisan dapat dilihat melalui blog pribadi saya di laman www.aldi.web.id. Dan beberapa karya lainnya dalam bidang media text audio visual dapat dilihat di Instagram @yanuar.aldi
Bagian
II: Creative Brief
1. What do we want to accomplish? (Objective)
- Melakukan branding terhadap “Blog Mas Aldi” untuk membangkitkan eksistensi blog pribadi yang semakin meredup saat ini.
- Dengan bentuk konten tulisan keresahan-keresahan yang dikemas secara menarik dengan konsep tulisan populer bisa mendapatkan apresiasi yang baik dari publik.
- Konten-konten “Blog Mas Aldi” dapat viral sehingga dapat mengait audiens yang lebih luas.
- Dapat menjadi inspirasi bagi blogger atau calon blogger lain untuk membangkitkan dunia blogging di Indonesia, dan menciptakan ekosistem komunitas blog yang baik.
2. Who are we talking to? (Target audience)
- Pria dan wanita berusia 13 s.d. 60 tahun
- Menyukai konten berbentuk tulisan populer
- Komunitas blogger
- Anak-anak muda yang hobi membaca cerita AU (alternate universe) atau semacamnya
3. What do they think now? (Current position)
- Dunia blogging sekarang semakin meredup
- Blog Mas Aldi perlu dilakukan pembaruan dan optimalisasi ulang
- Blog Mas Aldi hanya sebuah blog pribadi biasa dan tidak memiliki hal yang spesial
4. What do we want them to think? (Reinforce position or reposition)
- Blog Mas Aldi menjadi opsi media baca tulisan populer
- Blog pribadi dengan konten tulisan populer dapat bangkit kembali
- Blog Mas Aldi meskipun hanya sebuah media berbasis teks dan visual, diharapkan dapat menjadi viral dan dikenal masyarakat luas
5. Why
should they think this? (Features/benefits)
- Blog Mas Aldi menghadirkan tulisan populer yang menarik dibaca
- Konten di Blog Mas Aldi dibuat berdasarkan keresahan yang dibalut dengan komedi sehingga tidak membosankan
- Blog pribadi dengan konten tulisan populer dapat bangkit kembali melihat trend membaca di twitter yang masih ada
- Masyarakat Indonesia membutuhkan konten-konten ringan yang dibalut dengan komedi
6. What
is our message? (How do we say it and show it – what is the one thing?)
- KERKOM – Berbagi keresahan dalam komedi, dengan basis tulisan populer diimbuhi dengan visual audio penunjang yang menarik, serta dapat menghadirkan konten ringan dan menghibur kepada publik.
LAMPIRAN
Berikut terdapat lampiran
beberapa konten dan karya yang terdapat di Blog Mas Aldi (www.aldi.web.id)
dan Instagram (@yanuar.aldi):
Business Inquiries? Contact Me!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar